Animasi
Tradisional
Animasi tradisional (traditional
animation) adalah kategori animasi yang sudah berumur sangat tua. Disebut
tradisional karena teknik/model animasi inilah yang digunakan untuk
pengembangan awal animasi di media layar kaca (TV) dan layar perak (bioskop). Traditional
animation sering disebut cell animation karena teknik pengerjaannya
dilakukan pada media kertas celluloid transparent yang secara sekilas terlihat
sama dengan kertas transparansi untuk OHP. Celluloid transparent adalah
kertas yang tembus pandang sehingga animator dapat dengan mudah membuat gambar
yang saling berurutan satu sama lain dan dapat menciptakan animasi yang tampak
halus dan mulus pergerakannya.
Animasi tradisional banyak
menghasilkan film-film kartun (animasi kartun) untuk televisi maupun bioskop.
Beberapa film kartun produksi Disney (Snow white and seven dwarf, cinderella,
bambi, beauty and the beast, aladin, the lion king, dan lainnya), produksi
Hanna Barbera (The flinstone, tom and jerry, dan lainnya) menggunakan jenis
animasi ini.
CONTOH
ANIMASI TRADISIONAL
Contoh film animasi tradisional antara
lain : Pinocchio, Animal Farm, Akira. Sedangkan film animasi tradisional yang
dihasilkan dengan bantuan teknologi komputer antara lain : The Lion King,
Beauty and The Beast, Snow White & Seven Dwarf, Cinderella, Aladdin, Bambi,
The Flinstone, Tom & Jerry, Sen to Chihiro no Kamikakushi/Spirited Away,
Les Triplettes de Bellevill
Disebut
dengan animasi tradisional karena
Animasi ini memiliki teknik yang
digunakan saat pertama kali film animasi itu bermunculan. Untuk menciptakan
ilusi gerakan, setiap gambar harus sedikit berbeda dari yang sebelumnya.
Caranya dengan menjiplak gambar yang dibuat animator di kertas transparan yang
disebut cels. Kemudian gambarnya diisi dengan cat dalam warna yang berbeda dan
juga warna shading yang beda. Nanti gambar karakter yang sudah di gambar di
cel, di foto satu per satu dalam filem yang latar belakangnya sudah di cat.
Tipe animasi tradisional
Cel animation
• Berdasarkan pada perubahan
yang terjadi dari satu frame ke frame berikutnya
• Digambar pada celluloid
sheets (sehingga dinamakan Cel animation) yang sekarang
Bina Nusantara digantikan
oleh layer-layer digital
Stop animation
Yaitu animasi yang dibuat dengan
cara menghidupkan urutan still image (gambar tidak bergerak) atau memfilmkan
susunan gambar untuk menciptakan rangkaian gerakan ilusi. Animasi itu
dibentuk dari gambar-gambar yang dibuat secara grafis yang kemudian digerakkan.
Berikut
jenis-jenis animasi tradisional.
ANIMASI FLASH
Salah satu jenis akhir animasi komputer adalah Flash
animasi. Animasi Flash diberi nama untuk program Flash dari Adobe yang
mereka diproduksi, meskipun saat ini ada program lain yang juga memungkinkan
animator untuk menciptakan “flash” animasi. Meskipun keterbatasan dalam
hal gerakan dan gaya, Flash murah untuk memproduksi dan karena itu semakin
meningkat popularitasnya. Animasi Flash sering digunakan dalam iklan dan
umum sebagai konten video di situs Web.
Animasi flash menggunakan vektor untuk menghasilkan gerakan. Ini berarti bahwa daripada mengandung obyek di setiap negara sebagai bergerak antara titik, program ini hanya menyimpan informasi yang relevan tentang karakteristik dari obyek itu sendiri dan kemudian menghasilkan sebuah rumus matematika yang menggambarkan gerakannya. Proses ini berguna untuk membuat animasi komputer bila ukuran file menjadi masalah, seperti dalam distribusi Web atau ketika menghidupkan pada komputer pribadi.
MOTION CAPTURE
Motion capture adalah jenis animasi komputer yang
telah memperoleh banyak minat dalam beberapa tahun terakhir. Ini
bergantung pada sensor kecil yang ditempatkan pada pelaku di berbagai titik di
sekitar tubuh mereka. Para aktor melakukan dan gerakan mereka ditangkap
oleh kamera yang dapat menemukan sensor dan melacak gerakan
mereka. Gerakan ini kemudian dapat ditransfer ke komputer-tokoh yang
dirancang akan bergerak dengan cara yang persis sama seperti aktor lakukan.
Motion capture signifikan bagi yang menjembatani kesenjangan antara tradisional pembuatan film metode dan teknologi baru. Gerak menangkap pertunjukan sering dibahas dalam hal realisme mereka atau emosi, seperti live-action pertunjukan akan. Beberapa contoh dari motion capture termasuk Gollum di “Lord of the Rings” film, versi 2005 dari “King” dan seluruh pemain tahun 2007 “Beowulf.”
CGI COMPOSITING.
Animasi komputer juga digunakan di tempat teknik yang
lebih tua dari film animasi. Sejak hari-hari awal bioskop, unsur-unsur
animasi telah ditambahkan ke gambar difoto. Unsur-unsur lain, seperti
model atau latar belakang dicat, juga digunakan dan harus susah payah
dipasangkan dengan rekaman live-action. Ini melibatkan proses optik
panjang di mana berbagai elemen yang kembali difoto beberapa kali agar dapat
composited bersama menjadi satu gambar. Karena kompleksitas proses, efek
khusus yang mahal dan jarang digunakan dalam jumlah besar oleh semua tapi film
yang paling tinggi dibiayai.
Komputer citra yang dihasilkan mengubah semua itu, yang memungkinkan pembuat film untuk menggunakan layar biru atau hijau untuk memilih bagian dari film yang nantinya dapat dengan mudah dihilangkan dengan komputer dan diganti dengan gambar dari sumber lain, baik foto atau animasi sepotong. Komputer compositing animasi bahkan fungsi di banyak konsumen tingkat program video editing.
KOMPUTER ASSIST.
Beberapa contoh pertama dari animasi komputer
komersial secara tradisional ditarik urutan animasi yang menggunakan bantuan
komputer. Ini bisa dalam bentuk komputer memproduksi “di-perantara” atau
gambar yang menghubungkan dua input yang sama gambar oleh seniman (sehingga
memungkinkan seniman untuk menggambar gambar individu lebih
sedikit). Komputer animasi dibantu pertama kali digunakan dalam sebuah
film animasi di “The Mouse Detective Besar” Disney pada tahun 1986. Sebuah
adegan dalam film berlangsung dalam jam, dan roda gigi mekanik kompleks
benar-benar diberikan dalam komputer sebagai kawat-frame grafis sebelum
dipindahkan ke sel, di mana mereka bersatu dengan unsur-unsur lain dari TKP. Teknik
yang sama digunakan oleh Disney dalam film kemudian seperti “Beauty and the
Beast” (1991), “Pocahontas” (1995) dan “Tarzan” (1999) untuk mereproduksi
halus, gerak yang kompleks dalam gaya, tradisional dua dimensi animasi.
GERAK KONTROL DAN SCRIPT.
Animasi komputer yang paling modern menggunakan sistem
kendali gerak yang animator memanipulasi untuk membuat sebuah objek, dan
kemudian memindahkan obyek yang melalui serangkaian pose. Ini menghasilkan
gerakan yang akan menghasilkan gambar bergerak akhir. Animasi gerak
pertama kontrol dilakukan dengan sistem scripting seperti ASAS (Aktor Script
Sistem Animasi). Dalam skenario ini, animator adalah seorang programmer
komputer yang menulis kode dalam bahasa komputer untuk menghasilkan sebuah
objek dan memberikan gerakan obyek itu. Sebagai animasi komputer
berkembang, sistem yang lebih interaktif dikembangkan untuk memungkinkan
animator untuk berinteraksi dengan gambar dan benda-benda melalui antarmuka
yang lebih abstrak. Kode sekarang ditulis secara otomatis, berdasarkan
masukan yang animator membuat menggunakan antarmuka visual dan memanipulasi
subjek dengan mouse, keyboard atau perangkat input lainnya.
CARA KERJA
Cara kerja animasi tradisional
menggunakan antara lain Papan cerita Rekaman suara, Animatik, Reka bentuk dan
pemasaan, Susun atur, Animasi, Latar belakang, Lukis warna dan kamera, Lukis
warna digital, Komputer dan kamera video digital.
CASE :
Cara kerja Thaumatrope
dan Zoetrope
Cara kerja Thaumatrope ini
adalah dengan memutar cepat kepingan tersebut, sehingga dapat memunculkan
gabungan dari kedua gambar yang ada di setiap sisi keping menjadi satu.
Thaumatrope itu kerjanya hampir
sama dengan Flip Book ,yaitu :
1. Mengambil 2 buah kertas yang berbentuk
Lingkaran
2. Mengambil 2 buah karet
3. Memberi gambar dan
4. Memutarnya.
Paul Roget (Perancis, 1828)
penemu Thaumatrope, yaitu sebuah kepingan yang dikaitkan dengan tali pegas
diantara kedua sisinya. Kepingan itu memiliki dua gambar pada sisi-sisinya.
Satu sisi bergambar burung, satu sisi lainnya bergambar sangkar burung. Ketika
kepingan berputar maka burung seolah masuk kedalam sangkarnya. Proses ini ditangkap
oleh mata manusia dalam satu waktu, sehingga mengekspose gambar tersebut
menjadi gerak. Thaumatrope ini menunjukkan fenomena Phi, yaitu kemampuan otak
untuk terus-menerus melihat gambar.
Pierre Desvignes
(Perancis, 1860) penemu Zeotrope, adalah selembar kertas bergambar yang
dimasukan pada sebuah tabung. Lalu mata akan melihat gambar tersebut melalui
cermin bersamaan dengan adanya pegas yang membuat tabung berputar sehingga satu
serial gambar terlihat secara progresif menjadi gambar yang bergerak
berkelanjutan.
Tidak ada perbedaan dalam hal penciptaan animasi dalam
Thaumatrope ataupun Zoetrope. Kedua alat ini memanfaatkan cara kerja PO mata
manusia. Yang membedakan thaumatrope dan zoetrope adalah :
- Thaumatrope tidak bisa menggerakkan gambar secara bertahap, melainkan hanya bisa menumpuk /menyatukan 2 buah gambar yang berbeda
- Thaumatrope tidak bisa menggerakkan gambar secara bertahap, melainkan hanya bisa menumpuk /menyatukan 2 buah gambar yang berbeda
- Zoetrope membuat gambar bisa bergerak berdasar
gambar yang ditempelkan dalam tabung tersebut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar